PAX Psycho-Yoga Therapy


Copy of Yoga with Nofaola

PAX Psycho-Yoga Therapy adalah program terapi yang unik karena memadukan Psikologi dan Yoga. Kata Psycho-Yoga Therapy menunjukan bahwa program ini terdiri dari Psychological Therapy (terapi psikologi) dan Yoga Therapy (terapi yoga).

e-ryt-200-ryt-500Program ini disampaikan dan disupervisi oleh Maria Nofaola, S.Psi., M.Psi., CHt., Psikolog. Ia berprofesi sebagai Psikolog Klinis lulusan Universitas Gadjah Mada yang telah melakukan praktik profesional sebagai Psikolog Klinis sejak tahun 2008 dan juga seorang Hipnoterapis dari The Indonesian Board or Hypnotherapy. Ia menempuh pendidikan Guru Yoga tingkat pemula di Aarsha Yoga Vidya Peetam India pada tahun 2014. Kemudian, melanjutkan pendidikan Guru Yoga level advance (khusus yoga therapy) di InteYoga-Swami Krishnananda Hatha Yoga Vidyapeeth India pada Februari 2020.

Saat ini Maria Nofaola telah memiliki lisensi internasional E-RYT 200 (Experienced Registered Yoga Teacher) dan 500 RYT (Registered Yoga Teacher) dari Yoga Alliance USA. E-RYT 200 ini berarti ia telah menempuh pelatihan yoga 200 jam, berpengalaman lebih dari dua tahun, dan telah memiliki pengalaman mengajar yoga 1000 jam. RYT 500 berarti ia mengikuti pendidikan lanjutan 300 jam untuk level advance.

PAX berasal dari bahasa Latin yang berarti damai. PAX memiliki makna filosofis; rasa damai di dalam jiwa manusia memiliki pengaruh yang sangat besar pada seluruh aspek kehidupannya. Kedamaian di dalam diri manusia membuat manusia itu mampu membuat keputusan dengan baik. Dengan kedamaian, manusia mampu menemukan arti kebahagiaan yang sesungguhnya. Kedamaian di pikirannya dapat membantunya menentukan mana yang baik untuk dipilih kemudian dilakukan. Dengan kedamaian, manusia dapat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaannya dengan baik. Ia pun dapat menghasilkan ide-ide baru yang kreatif dan akan menjadi produktif. Lalu, ia pun menjadi pribadi yang asyik, berpikiran maju dan optimis, menyenangkan, serta ceria. Kedamaian dapat membuat manusia mampu menghubungkan pikiran, tubuh, dan jiwanya. Kedamaian di dalam diri manusia menciptakan kesehatan yang menyeluruh, baik bagi pikiran, perasaan, dan tubuhnya.

PAX Psycho-Yoga Therapy secara resmi dikenalkan ke publik pada bulan Oktober 2018 di Pontianak. Program ini memiliki pola jadwal latihan yang unik dengan mempertimbangkan beberapa hal; efektivitas terapi, proses kemampuan belajar manusia, serta habituasi. Sesi awal hingga terakhir seluruhnya membutuhkan waktu sekitar 20-30 jam. Total waktu tergantung permasalahan klien dan desain terapi.

Maria Nofaola akan melakukan supervisi selama delapan minggu. Tujuan supervisi ini ialah supaya proses terapi berjalan optimal dan peserta mencapai tujuannya, yaitu bisa melakukan yoga secara mandiri, memiliki skill dalam mengelola pikiran dan perasaannya, kemudian sehat secara menyeluruh. baik mental dan fisiknya.

PAX Psycho-Yoga Therapy ini didesain untuk memfasilitasi individu yang membutuhkan penanganan menyeluruh; fisik dan mental. Program ini bersifat preventif dan kuratif.

  • Preventif atau pencegahan digunakan bagi mereka yang sehat agar tetap sehat dan terhindar dari masalah fisik dan mental.
  • Kuratif atau pengobatan digunakan bagi individu yang memiliki masalah kesehatan, baik fisik dan mental agar dapat pulih dan sehat kembali.


Program PAX Psycho-Yoga Therapy ini dapat diikuti oleh siapa saja yang memiliki keluhan sebagai berikut:

  • Kecemasan, baik kecemasan dengan alasan jelas maupun tanpa alasan.
  • Gangguan tidur, seperti insomnia, sering merasa ngantuk di siang hari, mudah bangun malam hari hingga tak bisa tidur lagi.
  • Depresi, ada perasaan sedih, kehilangan semangat hidup, merasa tidak berdaya, kurang bersemangat.
  • Serangan panik, yaitu tiba-tiba jantung berdegub kencang dan terasa mau pingsan.
  • Perasaan khawatir dan takut yang membuat sulit relaks.
  • Sulit konsentrasi saat bekerja maupun saat berbincang-bincang dengan orang lain.
  • Sering sakit maag; sudah makan obat, sudah periksa lambung, sudah ke dokter berulang kali tapi tidak kunjung membaik.
  • Memiliki tekanan darah tinggi yang sudah bertahun-tahun, sehingga muncul rasa takut dan cemas untuk lepas dari obat.
  • Sering sakit kepala, terasa tegang di leher.

Catatan:

Setiap keluhan akan diperiksa terlebih dahulu untuk melihat penyebab dasarnya dan sebagai persiapan mendesain gerakan yoga yang sesuai.

Alur pelaksanaan program terapi di PAX ialah:

  1. Pemeriksaan awal. Psikolog akan memeriksa kondisi mental dan riwayat gangguan fisik yang dialami oleh masing-masing klien.
  2. Analisa persoalan. Psikolog akan menganalisa masalah klien
  3. Merancang terapi. Klien akan memperoleh supervisi Psikolog selama program terapi. 
  4. Edukasi. Pertemuan pertama dilakukan secara klasikal bersama klien lain yang sudah dikelompokan permasalahannya. Dalam pertemuan ini klien akan mendapat penjelasan mengenai program terapi, bagaimana terapi akan berlangsung, apa saja yang harus dilakukan agar terapi dapat berjalan sesuai harapan.
  5. Pelaksanaan terapi. Terapi dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
  6. Supervisi. Klien akan dibimbing oleh Psikolog agar mencapai tujuan terapinya.
  7. Evaluasi. Program terapi akan dievaluasi pada akhir sesi. 

Informasi:
PAX Psycho-Yoga Therapy
Maria Nofaola, S.Psi., M.Psi., CHt., Psikolog
HP. 0821 4848 4523
P O N T I A N A K

atau

daftar-via-WA

Terima kasih telah mendaftar. Salam Sejahtera.

Leave a comment